SAFARI TEF

Power Amplifier Safari SB-103 memang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar audio. Skema Power Amp ini tergolong sangat simple dan tidak membutuhkan komponen yang banyak. Akan tetapi kualitas suaranya tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan Power Amp Built UP. Skema original dari Safari SB-103 adalah sebagai berikut,

Safari Original

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memodifikasi skema original Safari SB-103 tersebut dengan menambahkan Tr TEF dan Tr Final. Sehingga skema Safari SB-103 berubah menjadi seperti ini,

SAFARI TEF

Setelah merubah skema original dari Power Amp Safari SB-103 saya akan mensimulasikan rangkaian skema tersebut dengan memberikan input Supply sebesar +/-45VDC. Daya yang dihasilkan dari rangkain hasil modifikasi saya adalah 125 Watt dengan beban 4 Ohm dan 62 Watt dengan beban 8 Ohm.

Pada rangkaian tersebut R4, R5 dan R6 digunakan untuk meminimalisir arus DC Offset pada penguat diferensial. Dioda zener 24 Volt digunakan untuk menstabilkan arus yang masuk pada penguat diferensial. Hasil lengkap dari simulasi saya adalah sebagai berikut,

Bias Safari TEF
Bias Safari TEF TR Q5 dan Q3
Power Supply : +/- 45 VDC
THD (4 Ohm - 1 Khz) : 0.075%
THD (8 Ohm - 1 Khz) : 0.083%
PSRR 1 Khz : 88.658 dB
Output : (4 Ohm : 125 Watt) dan (8 Ohm : 62 Watt)

Rangkaian hasil modifikasi saya ini juga bisa digunakan untuk Power Amp Open Air dengan cara menambahkan Tr final. Jika ingin menggunakan untuk Open Air bisa menambahkan Tr final SC5200-SA1943, SC2922-SA1216 atau yang lebih bagus lagi.